Saturday, 12 March 2011

Modeling Kaki Cartoon

Saatnya kita mulai masuk untuk membuat modeling character 3d (3d character modeling) dengan focus pembuatan kaki character cartoon. Kita akan membuatnya dengan teknik Poygonal Modeling, yaitu membuat objek baru (berupa character modeling) dengan menggunakan objek dasar sebuah bentuk Box (kotak). Prinsipnya sama seperti Anda memahat sebuah patung dari sebuah batu atau dari bahan sebuah sabun cuci misalnya. Atau seperti Anda membentuk sebuah objek baru dari bahan seonggok tanah liat. Bedanya, disini Anda membuatnya secara digital.

Disini dibutuhkan proses latihan yang rajin, terus-menerus, trial & error serta tekun dan gigih untuk mendapatkan “sense” dan “feeling” terhadap komposisi bentuk yang diinginkan nantinya.

Langkah - Langkahnya:

1. Buat sebuah Box dengan komposisi seperti tampak pada gambar dibawah.
3dsmax


2. Pada Tab Modify, atur dengan parameter seperti pada gambar
3dsmax


3. Masih di Tab Modify, klik objek Box tersebut lalu klik kanan mouse dan pilih Editable Poly.
3dsmax


4. Buka tanda plus berwarna hitam disebelah tulisan Editable Poly
3dsmax


5. Pilih Viewport Front (atau Viewport pada tampilan layer computer Anda yang menampilkan posisi objek seperti tampak pada gambar dibawah). Ubah posisi Vertex-vertex-nya seperti tampak pada gambar dibawah
3dsmax


6. Atur juga posisi Vertex-vertex yang lainnya seperti gambar dibawah
3dsmax


6. Pilih opsi Edge
3dsmax


8. Pilih garis dibagian tengah, seperti yang terlihat pada gambar dibawah
3dsmax


9. Klik kotak kecil disamping tombol Connect
3dsmax


10. Biarkan pilihan pada angka 1 dan klik tombol OK
3dsmax


11. Akan terbuat sebuah garis baru (seperti tampak pada gambar).
3dsmax


12. Pilih opsi Vertex dan atur objek Box menjadi seperti tampak pada gambar.
3dsmax


13. Pilih garis-garis seperti terlihat pada gambar
3dsmax


14. Lakukan pilihan Connect kembali dengan nilai 1
3dsmax


15. Atur Vertex-vertex Box menjadi seperti berikut
3dsmax


16. Buat kembali garis baru dengan posisi seperti terlihat pada gambar
3dsmax


17. Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar
3dsmax


18. Klik tombol Select and Scale
3dsmax


19. Geser sehingga bentuknya menjadi seperti berikut
3dsmax


20. Atur bentuk objek seperti tampak pada gambar
3dsmax


21. Atur kembali posisi Vertex-vertex-nya sehingga menjadi seperti terlihat pada gambar
3dsmax


22. Diperlukan kreasi dan “feeling” Anda terhadap komposisi bentuk untuk mendapat hasil akhir sebuah bentuk yang tampak ideal. Anda perlu melakukan proses latihan yang terus menerus untuk mendapatkan “feeling” dan “sense” yang tepat bagi Anda
3dsmax


23. Setelah diutak-atik Vertex-vertex-nya kesana kemari (tweaking), dihasilkan sebuah bentuk seperti pada gambar berikut
3dsmax


24. Tambahkan Modifier Meshsmooth pada objek Box tersebut. Berikan nilai 2
3dsmax


25. Tambahkan dengan pencahayaan Skylight & Light Tracer, lalu lakukan Render. Selamat Berlatih
3dsmax
Kaki siapa ya ini? hehehe...
(Anda juga dapat mengatur ketinggian dari masing-masing huruf dengan ketinggian yang berbeda-beda untuk mendapatkan komposisi yang lebih menarik. Untuk membuat efek bintang-bintang malam hari seperti tampak pada gambar diatas, akan dijelaskan pada tutorial selanjutnya).

No comments:

Post a Comment