Copy sketsa tersebut menjadi 2,yg nantinya untuk membuat cerminya gan.
Agar lbih leluasa,dimensinya hapus aja gan…
Disini saya menggunakan tehnik EXTRUDE,masih inget kan gan bagaimana EXTRUD itu dan syaratnya jk lupa agan bisa liyat ditutorial saya tentang “BELAJAR EXTRUDE DAN SUBTRACT”.
Wookeehh…kita mulai gan,,
1. Pembuatan bingkai cermin
Pada posisi TOP View,,karena ada 2 sketsa yg telah dicopy,maka pilih salah satu aja gan untuk di eksekusi,lalu ikuti langkah2 dibawah ini,,
Command:extrude
=> Seleksi semua sketsa dengan klik dari kanan bawah lalu tarik hingga kiri atas kmudian klik kmbali untuk mengakhiri proses.
=> 0.5 (ketebalan dari sketsa tersebut)
=> Klik SE isometric view untuk melihat hasilnya, kemudian
=> Command:Subtract
=> Pilih/klik pada rectangle luar
=> Pilih/klik pada rectangle dalam
Hasilnya sbagai berikut:
[+] klik gambar untuk memperbesar ukuran view
Bingkai cermin telah jadi gan,,,
2. Pembuatan Cermin
Sekarang kita focus ke sketsa hasil copy an diawal tadi gan.kita hanya butuh rectangle bagian dalamnya saja, maka:
=> Command:extrude
=> 0.25 (ketebalan sketsa untuk cermin)
* Untuk cermin saya beri warna merah supaya lebih jelas perbedaanya antara bingkai cermin dan cermin itu sendiri.
=> MOVE / pindahkan cermin ke bingkai kaca dengan acuan poin sebagai berikut:
3. RENDERING
Untuk tahap terakhir tinggal memberikan material gan…
Pertama2 putar dulu gan kacanya,sehingga posisinya menjadi Vertikal,dengan cara:
- Seleksi terlebih dahulu bingkai kaca tersebut
- Pada menubar, Modify>3D operations>3D rotate
- Maka munculah 3 garis yg berbentuk lingkaran dgn warna merah,biru & hijau
- Dekatkan kursor anda pada bagian yg berwarna merah,jika telah mendapat acuan garis,lalu klik dan
- Masukan nilai 90 pada command toolbars yang berarti perputarannya 90 drajat
- Tekan Esc di keyboard anda untuk menyelesaikan perintah..
Selanjutnya, Pada MenuBar pilih VIEW>RENDER>MATERIAL
Buatlah 2 Material baru dengan nama “Bingkai” dan “cermin”
a) Untuk material “Bingkai”
- Type = Realistik
- Template = wood varnished
- Select image = (Finnished,flooring…>saya ambil Dari image di dalam Autocad,anda bisa mencarinya)
b) Untuk material “cermin”
Type = Realistik Metal
Template = Mirror
Setelah semuanya selesai,apply to material.
>ambil posisi terbaik
>view>render>render
Tips : Agar hasil rendering lebih baik,gunakan material “lamp” dan atur pencahayaanya.. |
No comments:
Post a Comment