>PEDIT = Untuk menggabungkan garis2 yg terputus menjadi satu kesatuan/polyline
>EXTRUDE = Untuk member ketebalan object 2D menjadi 3D
>SUBTRACT = Untuk kurangi objek paling luar dengan paling dalam, sehingga menjadi sebuah lobang atau perpotongan
>RENDERING
Berikut Langkah - Langkahnya:
1. Siapkan Autocadnya gan, dan buatlah seketsa seperti gambar beriku beserta ukuranya gan.
(Line merah dan biru tersebut mempermudah saya untuk memberi keterangan) yang salah satunya bahwa garis tersebut belum menjadi satu kesatuan/polyline.
Terlebih dahuli gabunglah line yg terpecah dengan:
Command:pedit>klik salah satu line merah
Jika anda melakukanya dengan benar,maka line akan berubah menjadi warna merah semua,yg berarti line tersebut telah menjadi swebuah line yg satu kesatuan/polyline.lakukan hal yang sama untuk line2 yg belum menjadi satu kesatuan/polyline seperti cara diatas.jika selesai,jangan lupa utuk mengcopynya gan,di taruh aja disebelah masternya,yg nantinya akan digunakan untuk membuat kaca nya gan.
2. Untuk selanjutnya, kita gunakan metode EXTRUDE (Jika ada yang belum paham mengenai EXTRUDE bisa melihat tutorial sebelumnya yaitu BELAJAR EXTRUDE DAN SUBTRACT )
Terlebih dahulu hapus dimensinya supaya tidak menggangu.jika semua line telah selesai di jadikan satu kesatuan, maka selanjutnya,
>command:extrude
>klik SE Isometrik view untuk melihat hasilnya,seperti ini:
3. Next,kita gunakan metode SUBTRACT untuk membuat lobang kaca nya gan.
>command:subtract (bisa disingkat SU)
Jika berhasil,hasilnya seperti ini,
Selanjutnya kita akan membuat kacanya gan,…
Sekarang kita fokuskan ke sketsa hasil copy nya gan,
4. Command:extrude (bisa disingkat EX )
Disini saya memberikan warna merah pada rangka kaca,agar lebih jelas perbedaanya
5. Masukan kedalam rangka jendela yg telah kita buat diawal tadi dengan cara
>seleksi semua rangka kaca(bewarna merah)
>command: move
>ambil salah satu titik point,
>pindahkan pada rangka jendela,
Dan akhirnya seperti ini,
6. Untuk tahap yang terakhirnya gan,adalah RENDERING,
PADA MENU UTAMA KLIK:
>VIEW>RENDER>MATERIAL
7. Pada toolbar MATERIAL, buat 2 material baru dengan cara:
>creat new material>beri nama “bingkai jendela”
>lakukan hal yg sama dan beri nama “kaca jendela”
Shingga ada 3 material gan,yg mana material pertama or yg ke-1 adalah masternya, jd jgn di otak atik.fokus kita adalah ke material yg telah kita buat tadi.OK gan…!
8. klik material “bingkai jendela”, pada toolbar MATERIAL EDITOR,
pilihan tempelate>pilih wood varnished
9. Pada toolbar maps dibagian Diffuse map, Selec image (Finnished,flooring…> saya ambil dari image didalam Autocad, anda bisa mencarinya)
10. Pilih Apply Material to Object>sleksi bagian bingkai jendela,maka bingkai jendela akan berubah menjadi seperti kayu yg telah di plistur.
Nah untuk bingkai jendelanya udah jadi gan,sekarang kita focus untuk kaca nya…. Lanjuuuuuuuuuuutt….!!!
Caranya sama seperti diatas,hanya sdikit perbedaan…
11. klik material “kaca jendela ”,pada toolbar MATERIAL EDITOR, pilihan tempelate>pilih Glass-Clear
12. karena dia bersifat kaca,maka perlu Klik Checkered Underlay of untuk melihatnya.
13. Pilih warna untuk kacanya gan,(disini saya pakai biru Muda karena hanya sebagai transulent aja.)
14. klik Apply Material to Object>lalu seleksi pada Bagian kaca jendela
Hasilnya seperti ini gan,,selanjutanya atur posisi terbaik,lalu view>render>render,tunggu sesaat untuk melihat hasilnya:
nah sekarang tinggal kreasi dari agan2 semua untuk memodifikasinya,,seperti yg saya buat..
sebagai gambaran sya beri tahu point2ny untuk gambar diatas….
Pertama agan harus membuat oject tembok dan lantai,sperti ini gan, untuk jendelanya ckup dicopy aja
>Tambahkan lagi 2 material editor seperti langkah no.7,beri nama “tembok” dan”lantai”.
1. material editor “tembok”
Template=user defined
Select image=Masonry.unit….
>Apply material to object
2. material editor “lantai”
Template=Cramic tile,Glazed
Select image=Masonry.Stone..
>Apply material to object
3. untuk pencahayaanya, kita kasih lampu gan.
>view>render>Light>new point light
>posisikan lampu diatas jendela (dgn menggunakan tools MOVE),lalu
>klik 2x pada lampu,maka akan kluar table properties Sbb:
KETERANGAN:
>Intensity factor = untuk member nilai cahaya lampu,semakin besar nilainya,maka semakin terang pula cahaya lampu yg dipancarkan.
>Filter color = untuk memilih warna cahaya lampu yg akan bersinar
Dan masih banyak lagi keterangan2 yg lainya gan,yg saya jelaskan adalh sebagian besarnya yg kita butuhin.agan bisa coba2 sendiri aja
Setelah semuanya slesai,atur posisi pandangan menggunakan 3Dorbit tool, lalu dirender gan untuk melihat hasilnya:
View>Render>Render
Ditunggu aja gan,tinggal seberapa cepet RAM pada computer anda untuk memprosesnya
No comments:
Post a Comment