Saturday, 12 March 2011

MEMBUAT JENDELA RUMAH SEDERHANA

Didalam tutorial ini saya menggunakan printah
>PEDIT = Untuk menggabungkan garis2 yg terputus menjadi satu kesatuan/polyline
>EXTRUDE = Untuk member ketebalan object 2D menjadi 3D
>SUBTRACT = Untuk kurangi objek paling luar dengan paling dalam, sehingga menjadi sebuah lobang atau perpotongan
>RENDERING

Berikut Langkah - Langkahnya:
1. Siapkan Autocadnya gan, dan buatlah seketsa seperti gambar beriku beserta ukuranya gan.
image www.ilmugrafis.com
(Line merah dan biru tersebut mempermudah saya untuk memberi keterangan) yang salah satunya bahwa garis tersebut belum menjadi satu kesatuan/polyline.

Terlebih dahuli gabunglah line yg terpecah dengan:
Command:pedit>klik salah satu line merah Y (jika diminta) join >sleksi semua garis merah dan biru dengan cara blok dari kanan bawah hingga kiri atas, lalu
image www.ilmugrafis.com
Jika anda melakukanya dengan benar,maka line akan berubah menjadi warna merah semua,yg berarti line tersebut telah menjadi swebuah line yg satu kesatuan/polyline.lakukan hal yang sama untuk line2 yg belum menjadi satu kesatuan/polyline seperti cara diatas.jika selesai,jangan lupa utuk mengcopynya gan,di taruh aja disebelah masternya,yg nantinya akan digunakan untuk membuat kaca nya gan.


2. Untuk selanjutnya, kita gunakan metode EXTRUDE (Jika ada yang belum paham mengenai EXTRUDE bisa melihat tutorial sebelumnya yaitu BELAJAR EXTRUDE DAN SUBTRACT )
Terlebih dahulu hapus dimensinya supaya tidak menggangu.jika semua line telah selesai di jadikan satu kesatuan, maka selanjutnya,

>command:extrude >seleksi semua line(seperti cara diatas) 5 (nilai ketebalan dari sketsa)
>klik SE Isometrik view untuk melihat hasilnya,seperti ini:
image www.ilmugrafis.com


3. Next,kita gunakan metode SUBTRACT untuk membuat lobang kaca nya gan.
>command:subtract (bisa disingkat SU) klik rangka luar klik rangka dalam satu persatu(6 kotak yg berada di dalam gan/untuk meletakan kaca nantinya)
image www.ilmugrafis.com

Jika berhasil,hasilnya seperti ini,
image www.ilmugrafis.com

Selanjutnya kita akan membuat kacanya gan,…
Sekarang kita fokuskan ke sketsa hasil copy nya gan,


4. Command:extrude (bisa disingkat EX ) seleksi semua line rangka dalam 1 (ketebalan sketsa kaca)
Disini saya memberikan warna merah pada rangka kaca,agar lebih jelas perbedaanya


5. Masukan kedalam rangka jendela yg telah kita buat diawal tadi dengan cara
>seleksi semua rangka kaca(bewarna merah)
>command: move
>ambil salah satu titik point,
>pindahkan pada rangka jendela,
image www.ilmugrafis.com

Dan akhirnya seperti ini,
image www.ilmugrafis.com


6. Untuk tahap yang terakhirnya gan,adalah RENDERING,
PADA MENU UTAMA image www.ilmugrafis.com KLIK:
>VIEW>RENDER>MATERIAL


7. Pada toolbar MATERIAL, buat 2 material baru dengan cara:
>creat new material>beri nama “bingkai jendela”
>lakukan hal yg sama dan beri nama “kaca jendela”
Shingga ada 3 material gan,yg mana material pertama or yg ke-1 adalah masternya, jd jgn di otak atik.fokus kita adalah ke material yg telah kita buat tadi.OK gan…!
image www.ilmugrafis.com

8. klik material “bingkai jendela”, pada toolbar MATERIAL EDITOR,
pilihan tempelate>pilih wood varnished
image www.ilmugrafis.com


9. Pada toolbar maps dibagian Diffuse map, Selec image (Finnished,flooring…> saya ambil dari image didalam Autocad, anda bisa mencarinya)


10. Pilih Apply Material to Object>sleksi bagian bingkai jendela,maka bingkai jendela akan berubah menjadi seperti kayu yg telah di plistur.
image www.ilmugrafis.com
Nah untuk bingkai jendelanya udah jadi gan,sekarang kita focus untuk kaca nya…. Lanjuuuuuuuuuuutt….!!!
Caranya sama seperti diatas,hanya sdikit perbedaan…


11. klik materialkaca jendela ”,pada toolbar MATERIAL EDITOR, pilihan tempelate>pilih Glass-Clear


12. karena dia bersifat kaca,maka perlu Klik Checkered Underlay of untuk melihatnya.
image www.ilmugrafis.com

13. Pilih warna untuk kacanya gan,(disini saya pakai biru Muda karena hanya sebagai transulent aja.)


14. klik Apply Material to Object>lalu seleksi pada Bagian kaca jendela
image www.ilmugrafis.com
image www.ilmugrafis.com
Hasilnya seperti ini gan,,selanjutanya atur posisi terbaik,lalu view>render>render,tunggu sesaat untuk melihat hasilnya:
image www.ilmugrafis.com

nah sekarang tinggal kreasi dari agan2 semua untuk memodifikasinya,,seperti yg saya buat..
jendela rumah

sebagai gambaran sya beri tahu point2ny untuk gambar diatas….
Pertama agan harus membuat oject tembok dan lantai,sperti ini gan, untuk jendelanya ckup dicopy aja
image www.ilmugrafis.com

>Tambahkan lagi 2 material editor seperti langkah no.7,beri nama “tembok” dan”lantai”.
1. material editor “tembok”
Template=user defined
Select image=Masonry.unit….
>Apply material to object
image www.ilmugrafis.com

2. material editor “lantai”
Template=Cramic tile,Glazed
Select image=Masonry.Stone..
>Apply material to object

3. untuk pencahayaanya, kita kasih lampu gan.
>view>render>Light>new point light
>posisikan lampu diatas jendela (dgn menggunakan tools MOVE),lalu
>klik 2x pada lampu,maka akan kluar table properties Sbb:
image www.ilmugrafis.com
KETERANGAN:
>Intensity factor = untuk member nilai cahaya lampu,semakin besar nilainya,maka semakin terang pula cahaya lampu yg dipancarkan.
>Filter color = untuk memilih warna cahaya lampu yg akan bersinar
Dan masih banyak lagi keterangan2 yg lainya gan,yg saya jelaskan adalh sebagian besarnya yg kita butuhin.agan bisa coba2 sendiri aja

Setelah semuanya slesai,atur posisi pandangan menggunakan 3Dorbit tool, lalu dirender gan untuk melihat hasilnya:
View>Render>Render
image www.ilmugrafis.com
Ditunggu aja gan,tinggal seberapa cepet RAM pada computer anda untuk memprosesnya

No comments:

Post a Comment