Saturday, 12 March 2011

Mengenal Tampilan Cinema 4D

Selamat berjumpa, pada pertemuan dan Tutorial perdana ini kita akan mengupas lebih jauh tentang Cinema 4D, disini saya menggunakan Cinema 4D versi 11. Jika anda mempunyai Cinema 4D versi 10 tampilannya sama saja, jadi tidak perlu bingung ya…!!
Gambar dibawah merupakan tampilan Cinema 4D versi 11, oke mari kita mulai…!!
Cinema 4D versi 11
KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR TAMPILAN
Keterangan gambar (Preview di atas):
  1. Icon, kegunannya untuk memodifikasi objek yang telah anda buat.
  2. Tools dan Menu merupakan tempat dimana perintah-perintah untuk memodifikasi objek.
  3. Tools, kegunaannya untuk menggeser,mengecilkan, memutar posisi jendela, cara menggunakannya dengan mengklik tahan, lalu geser mouse kearah yang anda inginkan. Bisa juga untuk menampilkan 1 jendela atau 4 jendela sekaligus , untuk menampilkan jendela Persfektif (tekan F1), Top/Atas (tekan F2), Right/Kanan (tekan F3), Front/Depan (tekan F4) dan untuk menampilkan keempat jendela tekan F5.
  4. Object Manager merupakan tempat/layer dari objek-objek yang telah anda pilih sehingga objek tersusun dengan rapi.
  5. Attributes Manager merupakan spesifikasi dari objek yang telah anda pilih, baik dari ukuran, posisi, perputaran, segment,
  6. Coordinates merupakan Posisi (Position), Ukuran(Size), Perputaran(Rotation)
  7. Materials Manager merupakan tempat dimana semua material , cara menampilkan material dengan mengklik menu “File” yang ada pada Materials Manager kemudian pilih “Shader” lalu pilih “Danel”, maka akan muncul material “ Danel” yang telah anda pilih tadi.
  8. Timelines merupakan tempat untuk mengatur dan merekam jalannya sebuah animasi yang telah anda buat.
Tunggu Tutorial berikutnya exclusive di IG (ilmuGrafis)
untuk penjelasan tentang Cinema 4D bisa membaca di Penjelasan Tentang Cinema 4D

No comments:

Post a Comment