+ Tambahan + Intermezzo Message
@Mas Aditya: Line Up Formation pakai 4-4-2 ya, Mas Ervyn (Steven Gerrard) Sebagai Gelandangan eh salah Gelandang Serang ;P bersama Mas Junus (Frank Lampard) soalnya mereka kayaknya gak terpisahkan gitu, hehehe..., dan yang lainnya Bebas Beroprasi di Sektor Depan dan Sayap)
Membuat Modeling
1. Buka Tab Create
2. Anda klik objek Hedra01. Buka Tab Modify
Setingan Kategori Family dan Family Parameters.
3. Di kategori Vertices klik pemilihan Center & Sides. Opsi Center & Sides sangat ideal untuk pembentukan objek bola.
4. Atur juga nilai Radius = 56. Kemudian klik kotak Combo bertuliskan Modifier List dan klik pemilihan Modifier Spherify (ini adalah Modifier yang berfungsi untuk mengubah bentuk suatu objek menjadi menyerupai bentuk bola/bulat). Tambahkan kembali Modifier Smooth (ini adalah Modifier yang berfungsi untuk menghaluskan bentuk suatu objek). Anda klik kotak Auto Smooth.
Penambahan Modifier Spherify dan Smooth.
5. Objek modeling bola telah jadi, kini Anda buat objek Box untuk dijadikan sebagai permukaan rumputnya. Anda atur besaran ukuran dari objek Box ini. Selanjutnya Anda akan membuat objek Text.
6. Klik Tab Create
7. Di Tab Modify
8. Masih di dalam Tab Modify
9. Anda buat lagi Text selanjutnya. Tab Modify
10. Klik kanan tombol Select & Move
11. Anda klik Viewport Perspective. Klik Menu Rendering > Render. Klik tombol Render untuk melihat hasil akhir dari modeling yang Anda buat sebelumnya.
Selesai
Membuat Texturing (Material)
Pada tahapan ini Anda akan memberikan tekstur/material berupa gambar image atau foto suatu tekstur lalu ditempelkan ke objek 3D Anda.
Gambar image atau foto tersebut dapat Anda peroleh dari library Image yang telah disediakan oleh aplikasi 3ds max atau dapat juga Anda download dari internet atau Anda foto sendiri dengan menggunakan kamera digital, kemudian masukkan ke dalam harddisk komputer Anda.
1. Selanjutnya, Anda akan memberikan material berupa gambar untuk objek bola tersebut.
2. Sekarang Anda akan memberikan material untuk objek bolanya. Anda tekan M di keyboard untuk menampilkan Material Editor.
3. Klik salah satu slot kosong
Setingan Multi/Sub-Object.
4. Klik objek “Bola” lalu tekan tombol Assign Material to Selection
5. Selanjutnya buat material untuk objek rumput. Klik kotak slot material kosong yang lain. Anda klik kotak kecil di sebelah tulisan Diffuse
Cari gambar teksturnya
, lalu klik tombol Open.
Jendela Material/Map Browser.
6. Pastikan objek rumput terpilih (objek Box yang sebelumnya telah Anda buat), kemudian klik tombol Assign Material to Selection
7. Klik tombol Show Map in Viewport
8. Sekarang Anda beri material untuk objek teks-nya. Klik slot kosong yang lain, klik kotak warna di sebelah tulisan Diffuse. Beri warna kuning dan klik tombol OK.
9. Pastikan Text “IlmuGrafis” terpilih, lalu klik tombol Assign Material to Selection
10. Anda beri juga material untuk objek teks-nya. Klik slot kosong yang lain, klik kotak warna di sebelah tulisan Diffuse. Beri warna merah dan klik tombol OK.
11. Pastikan Text “SUPER SOCCER” terpilih, lalu klik tombol Assign Material to Selection
12. Selanjutnya klik Viewport Perspective. Kemudian Anda klik Menu Rendering > Render. Klik tombol Render.
Selesai
Membuat LIGHTING
Sekarang Anda akan membuat pencahayaan.
1. Klik Tab Create
2. Anda buka Tab Modify
Setingan Skylight Parameters.
3. Pilih Menu Rendering > Render. Akan terbuka jendela Render Scene Default Render, klik Tab Advanced Lighting. Pada rollout Select Advanced Lighting, klik kotak Combo bertuliskan
Fitur Light Tracer.
4. Aktifkan Viewport Perspective. Klik tombol Render.
Selesai
Membuat Background
Suatu karya berupa gambar 3D maupun animasi 3d akan lebih indah dan menarik apabila memiliki Background didalamnya sehingga akan membuat gambar atau animasi tersebut menjadi lebih hidup dan nyata.
1. Selanjutnya klik Menu Rendering > Environment. Akan terbuka jendela Environment & Effects.
2. Di rollout Common Parameters, pada kategori Background, klik tulisan None pada Environment Map, kemudian akan terbuka jendela Material/Map Browser dan Anda klik ganda pada pilihan Bitmap.
3. Anda cari gambar Image yang Anda inginkan, misalkan:
gambar langit, lalu klik tombol Open.
4. Maka gambar tersebut akan langsung menjadi gambar Background di Scene 3D Anda. Tutup jendela Environment & Effects.
Environment Map.
5. Klik Viewport Perspective. Lakukan proses Render untuk melihat hasil finalnya.
ilmuGRAFIS SUPER SOCCER LEAGUE
Salam Olahraga - Maju Terus Sepak Bola Indonesia
No comments:
Post a Comment